Rabu, 18 Januari 2012

MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN

Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan
Pengertian masyarakat
              Secara umum terdapat beberapa pengertian masyarakat yang banayak dikemukan oleh para ahli sosiologi di dunia. Beberapa pengertian masyarakat tersebut diantaranya dikemukakan oleh:
1.        Selo Sumardjan. Menurutnya masyarakat merupakan sekelompok orang yang tinggal secara bersama serta mampu menciptakan kebudayaan.
2.        Karl Marx. Menurut pakar pemikiran yang dikenal dengan Marxisme ini, masyarakat didefiniikan sebagai sebuah struktur organisasi yang muncul sebagai akibat adanya perbedaan diantara beebagai kelompok yang terpisah di bidang ekonomi.
3.        Emile Durkheim. Menurutnya, pengertian masyarakat adalah sebuah realita yang apa adanya dari setiap pribadi yang menjadi anggota dari masyarakat itu sendiri.
4.        Paul B. Horton dan C.Hunt. Menurut keduanya, pengertian masyarakat adalah sebuah kumpulan manusia yang mampu bersikap mandiri serta secara bersama hidup pada kurun waktu lama. Kumpulan ini berdiam pada sebuah kawasan tertentu dan memiliki kebudayaan sama. Selain itu, mereka akan melakukan sebagian besar aktivitasnya dalam kumpulan tersebut.

A.    Masyarakat pedesaan
Menurut Sutardjo Kartohadikusuma: “Desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertemapat tinggal suatu masyarakat pemerintaahn sendiri”. Menurut Bintarto:”Desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik dan kebudayaan yang terdapat di suatu daerah dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal balik dengan daerah lain. Cirri-ciri umum masyarakat pedesaan antara lain:
a.         Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal mengenal antara ribuan jiwa.
b.        Ada pertalian perasaan yang sama tentang kesukaan terhadap kebiasaan.
c.         Mata pencahariannya adalah bergantung dengan alam seperti : iklim, keadaan alam.
d.        Sistem kehidupannya berkelompok.
e.         Termasuk dalam masyarakat homogeny
f.         Homogenitas sosial
g.        Teramasuk kedalam masyarakat homogen dalam hal mata pencaharian, agama, adat-istiadat.
Masyarakat desa tidak memikirkan kegengsian tetapi justru memiliki tingkat rasa kekeluargaan yang tinggi dalam model pemikiranpun tidak semodern masyarakat kota, karena dibatasi dengan pekerjaan yang menjadi faktor utama dalam mencukupi kebutuhan hidup, karena desa bisa dikatakan hanya berisi dari kegiatan pertanian yang menjadi pekerjaan dan sumber utama untuk memenuhi kelangsungan hidup mereka, dalam hal kenyamanan hidup, desa memiliki nilai yang sangat baik, karena dessa memiliki nilai daerah dari sector daerah, tidak dapat dipungkiri lagi daerah desa sangat nyaman dan tentram, damai, sejahtera, serta daerahnya pun dihiasi oleh pemandangan yang masih indah dan asri.

B.     Masyarakat perkotaan
Masyarakat perkotaan adalah sekumpulan manusia dalam jumlah besar yang beinteraksi dalam sebuah daerah besar. Dimana dalam melakukan interaksi tersebut, pemerintah sebagai pemimpin dari kelompok yang membuat peraturan-peraturan. Tujuan peraturan-peraturan yang dibuat pemerintah adalah sebagai pembatas kegiatan perseorangan. Dalam melakukan kegiatan di dalam kelompok tersebut, setiap individu atau perorangan harus mengerti apa peraturan yang berlaku di daerah yang mereka tempati atau tempat yang mereka pijaki. Seperti saat anda berkendara di jalan raya, di perpustakaan dan lain sebagainya. Ciri-ciri masyarakat perkotaan :
1.        Lebih padat.
2.        Heterogen.
3.        Mobilitas tinggi.
4.        Lebih menghargai waktu (tidak tergantung pada alam).
5.        Daya saing (kompetisi) yang tinggi dan menimbulkan individualistik.

HUBUNGAN DESA DAN KOTA
Masyarakat pedesaan dan perkotaan bukanlah dua komunitas yang terpisah satu dengan yang lainnya, bahkan dalam keadaan yang wajar di antara keduanya terdapat hubungan yang erat bersifat ketergantugan. Karena di antara mereka saling membutuhkan. Kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan-bahan pangan seperti beras, sayur-mayur, daging, dan ikan. Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis-jenis pekerjaan tertentu di kota, mialnya saja buruh bangunan dalam proyek-proyek perumahan, proyek pembangunan atau perbaikan jlan raya. Mereka ini biasanya adalah pekerja-pekerja musiman. Pada saat musim tanam mereka sibuk bekerja di sawah. Bila pekerjaan di bidang pertanian mulai menyurut, mereka merantau ke kota terdekat untuk melakukan pekerjaan apa yang ada. Sebaliknya kota menghasilkan barang-barang yang juga diperlukan oleh orang desa seperti bahan pakaian, alat, obat-obatan dan lain-lain. Kota juga menyediakan tenaga yang melayani jasa yang diperlukan oleh masyarakat desa, misal tenaga dalam bidang medis, montir dan lain-lain.
Salah satu bentuk hubungan antar kota dan desa adalah:
²  Urbanisasi dan urbanisme
Dengan adanya hubungan masyarakat desa dan kota yang saling ketergantungan dan saling membutukan tersebut maka timbulah masalah baru. Urbanisasi adalah suatu proses perpindahan penduduk daridesa ke kota atau dapat pula dikatakan bahwa urbanisasi merupakan proses terjadinya masyarakat perkotaan (soekanto,1969:123).
Perkembangan kota merupakan manifestasi dari pola kehidupan sosial, ekonomi, kebudayaan dan politik. Kesemuanya ini akan dicerminkan dalam komponen-komponen yang membentuk struktur kota tersebut. Jumlah dan pertumbuhan kota tersebut. Secara umum dapat dikenal bahwa suatu lingkungan perkotaan seharusnya mengandung 5 unsur meliputi:
1.        Wisma : untuk tempat berlindung terhadap alam sekelilingnya
2.        Karya : untuk penyediaan lapangan kerja
3.        Marga : untuk pengembangan jaringan jalan dan komunikasi
4.        Suka : untuk fasilitas hiburan, rekreasi, kebudayaan dan kesenian
5.        Penyempurna : fasilitas agama,perkuburan, pendidikan dan utilitas umum
Kelima unsur kota ini merupakan pola pokok dari komponen-komponen perkotaan yang kuantitas dan kualitasnya kemudian dirinci di dalam perencanaan suatu kota tersebut sesuai dengan kebutuhan yang spesifik untuk kota tersebut pada sekarang dan masa yang akan datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentarnya