Rabu, 18 Januari 2012

ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU


              Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial yang timbul di sekitar lingkungan mulai dari sosial masyarakat sekitar, sosiologi,antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, psikologi sosial dan sejarah.Tujuan mahasiswa mempelajari ISD adalalah supaya mahasiswa mudah beroganisasi atau berkecimpung dengan masyarakat yang beraneka ragam, mulai dari beragam agama, adat istiadat dan budaya. Ruang lingkup ISD ada 3 yaitu studi manusia, masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
              Pebedaan ISD dengan IPS adalah didalam isd mata kuliah tunggal dan isd untuk pembentukan sifat sedangkan ips terdiri dari sejumla mata pelajaran yang memiliki ilmu luas dan memiliki cabang dan diarahkan untuk pembentukan ketrampilan dan kepedulian terhadap alam, budaya dan kesenian sekitar. Persamaan ISD dengan IPS adalah sama-sama mempelajari ilmu yang berhubugan dengan masyarakat dan hamper memiliki ruang lingkup yang sama dalam kemasyarakatan, Juga merupakan bahan studi program pengajaran dan keduanya terdiri dari kenyataan dan masalah sosial.
              Tiga golongan bahan ISD adalah konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah- masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Sosial Dasar, masalah yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial antara satu dengan yang berkaitan, kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentarnya